Langgeng Weblog

Kumpulan Tulisan Favorit

Gambar Pegas Dengan Permukaan Rata

Posted by langgeng pada 23 Juli 2009

Beberapa waktu lalu, saya menerima e-mail dari salah seorang pengunjung yang menanyakan tentang cara membuat pegas, dimana kedua permukaannya rata. Pegas model seperti ini pernah saya lihat pada aplikasi mold injeksi.

Kali ini saya akan mencoba membuat gambar tersebut dengan menggunakan perintah helix/spiral dengan pilihan parameternya variable pitch.

Langkah pertama adalah buat sket lingkaran dengan diameter 60, lalu pilih Insert > Curve > Helix/Spiral. Akan muncul Helix/Spiral dialog box, dan di bawah Parameter-nya pilih Variable Pitch. Lalu isi region parameters spt contoh gambar dibawah. Untuk Rev 0, 1, 10 & 11 tulis Dia=60mm dan P=5.2mm. Sedang Rev 2 s/d 9 tulis Dia=60mm dan P=13.5mm. Jangan lupa seleksi Start angle-nya pada sudut 90° (namun ini hanya pilihan saja, tapi untuk tutorial kali ini ikuti saja) dan pilih Clockwise.

Langkah berikutnya, buat sket persegipanjang seperti contoh di bawah pada front-plane. Klik EXIT SKETCH.

Kini kita telah membuat sket persegipanjang yang akan digunakan sebagai profil sebuah pegas. Anda juga bisa mengganti profil diatas dengan profil pegas yang lain sesuai keinginan Anda. Kemudian untuk menampilkan profil 3D-nya, pilih Insert > Boss/Base > Sweep. Di bawah Profile and Path, seleksi sket di kotak Profile dan seleksi Helix di kotak Path. Pilih OK.

Agar permukaan pegas bagian bawah dan bagian atas rata, gunakan perintah cut extrude. Untuk pegas bagian bawah, buat sket lingkaran berdiameter 70 pada Top Plane, lalu gunakan perintah cut extrude dengan memilih Insert > Cut > Extrude. Di bawah kotak Direction, pilih Blind dan tulis Depth 2.5mm dengan arah panah ke atas atau kearah pegas yang di-extrude. Sedangkan untuk pegas bagian atas, buat kembali sket lingkaran berdiameter 70 pada Top Plane, lalu gunakan perintah cut extrude dengan memilih Insert > Cut > Extrude. Di bawah kotak From, pilih Vertex. Lalu pada kotak Select A Vertex, klik ujung terluar dari pegas yang ditunjukkan dengan titik warna hijau. Di bawah Direction, pilih Blind dan tulis Depth 2.5mm dengan arah anak panah ke bawah ke arah pegas yang di-extrude.

Jika semua langkah di atas benar, Insya Allah gambar springnya akan tampak seperti di bawah ini. Selamat mencoba!

 
 

  

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: